Khasiat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan

Baking soda atau soda kue adalah salah satu bahan dasar adonan pembuatan kue yang berguna untuk untuk membuat kue jadi mengembang, teksturnya kering, garing dan renyah, baking soda selain untuk adonan kue ternyata juga banyak khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan, apa saja khasiatnya mari kita bahas.

 

Khasiat baking soda untuk kesehatan:

Membantu menyembuhkan filek, demam dan flu
Caranya cukup dengan melarutkan  baking soda dalam segelas air dingin kemudian diminum, hari pertama - Ambil enam dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan jarak waktu berselang sekitar dua jam
hari kedua - Ambil empat dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan waktu berselang sekitar dua jam
hari ketiga - Ambil dua dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin pagi dan sore hari, dan setelah itu ½ sendok teh dalam segelas air dingin setiap pagi sampai hilang gejala demam.

Mengobati sakit maag
Caranya campurkan 1-2 sendok teh dalam segelas penuh air kemudian diminum berfungsi untuk menetralisir asam lambung

Menghilangkan plak gigi dan pasta gusi
Untuk gigi sangat efektif dan pasta gusi, gunakan campuran dengan takaran enam dari baking soda dan satu dari garam laut (6 berbanding 1). Masukkan dalam blender selama 30 detik, kemudian tempatkan dalam wadah. Basahi ujung jari telunjuk Anda, ambil sejumlah kecil campuran garam-soda, letakkan pada gusi Anda. Dimulai dengan gusi luar atas dan kemudian bagian dalam atas, diikuti oleh luar bawah gusi kemudian bagian dalam yang lebih rendah, oleskan campuran tersebut ke gigi dan gusi. Ludahkan kelebihannya. Setelah 15 menit bilaslah mulut Anda. Campuran ini sangat efektif dalam membunuh bakteri.

Mengobati luka bakar akibat sengatan matahari dan gigitan serangga
Campurkan setengah cangkir baking soda ke air mandi suam suam kuku lalu berendam dalam bak mandi ketika anda keluar biarkanlah kulit anda kering sendiri, anda juga dapat menambahkan campuran baking soda ke air dingin lalu kompreslah pake handuk kecil dan menerapkannya langsung ke bagian kulit yang terbakar, iritasi atau gatal. 

Menyegarkan kaki
Campurkan ½ cangkir baking soda dengan air hangat lalu rendamlah kaki anda hingga betis selama 15-20 menit gunanya untuk membuat kaki anda jadi rileks dan segar.

Khasiat baking soda untuk kecantikan

Sebagai masker jerawat
Campurkan baking soda dengan air hangat lalu aduk hingga membentuk adonan kental. lalu tempelkan di wajah atau kulit yang berjerawat, diamkan selama 5-10 menit, baru kemudian bilas hingga bersih berguna untuk membersihkan jerawat di kulit wajah.

Sebagai pembersih wajah
Caranya, larutkan dua sendok teh baking soda, dengan satu sendok teh air hangat. Lalu, aduk hingga berbentuk pasta. Setelah itu, ratakan di seluruh area wajah, kecuali lingkar mata dan mulut. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat, sambil digosok-gosok secara perlahan. gunannya untuk mengangkat sel kulit mati serta membuat wajah terlihat bersih dan berseri.

Menghaluskan dan melembapkan kulit
Memiliki kulit halus dan lembab memang idaman sebagian besar perempuan. untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan baking soda. Caranya, campur tiga cangkir baking soda, dengan satu cangkir air. Lalu aduk berbentuk pasta. Setelah itu, gosok-gosok secara perlahan pada siku dan kaki, lalu diamkan hingga kering, dan bilas dengan air.

Memutihkan gigi 
Sebelum menggosok gigi campurkan sedikit baking soda ke pasta gigi lalu gosoklah gigi anda seperti biasa bila dilakukan secara rutin niscaya gigi anda akan terlihat putih dan sehat.

Sebagai deodoran alami dan memutihkan ketiak
Jika anda alergi terhadap deodoran yang dijual dipasaran cobalah pake baking soda sebagai deodoran alami setiap hari karena tidak akan menyebabkan iritasi dan gatal, untuk memutihkan ketiak sebelum mandi ambil sejumput baking soda basahi dengan air sedikit tempelkan ke ketiak diamkan beberapa saat lalu bilang dengan air.

Merawat kuku
Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan kuku dan kutikula. Caranya, tuangkan sedikit baking soda ke bagian kuku, lalu gunakan sikat khusus kuku untuk membersihkan bagian tersebut.

Khasiat baking soda yang lain :

Membersihkan Buah dan Sayuran
Baking soda baik untuk menghilangkan kuman yang merekat pada sayur dan buah-buahan yang baru dibeli. Isi air ke dalam sebuah mangkuk atau panci besar untuk mencuci buah dan sayur. Tambahkan dua sendok makan baking soda, maka buah serta sayur bisa lebih bersih daripada memakai air biasa.

Menghilangkan noda membandel
Anda bisa membersihkan noda yang membandel pada pakaian dengan baking soda. Cukup campurkan 1/4 gelas baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Baking soda dapat mengangkat kotoran yang susah dibersihkan.

Menghilangkan bau tidak sedap
Letakkanlah baking soda pada wadah terbuka di dalam kulkas. Baking soda bisa menjaga kesegaran makanan atau minuman agar tidak terkontaminasi dengan bau yang tidak enak. Bau tersebut bisa saja berasal dari makanan mentah seperti ikan dan daging atau makanan yang sudah lama.
Menghilangkan noda teh
Warna kecokelatan pada teko teh atau kopi yang susah dibersihkan dapat dihilangkan dengan baking soda. Teko akan kembali menjadi putih bersih. Caranya, taburkan baking soda dan beri air panas di dalamnya. Diamkan selama semalam, kemudian cuci seperti biasa. 

Membersihkan Dinding
Siapa bilang dinding kotor penuh coretan tidak bisa dibersihkan. Dinding kotor karena coretan dapat dibersihkan dengan larutan baking soda. Gosokkan dengan perlahan pada tembok menggunakan spons lembab. Kemudian keringkan menggunakankain kering.

Membersihkan Karpet
Karpet yang kotor pasti banyak terdapat kuman dan baunya tak sedap. Kadang untuk membersihkan karpet yang tebal merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Tapi dengan menggunakan baking soda, membersihkan karpet jadi lebih ringan. Taburkan baking soda kemudian diamkan selama 15 menit dan gunakan vacum cleaner untuk menyerap kotorannya. Ulangi lagi jika merasa karpet belum bersih maksimal.

Membersihkan Microwave
Anda kesulitan mencuci microwave karena makanan kering yang merekat di dalamnya? Manfaatkan baking soda untuk memudahkan pengangkatan sisa makanan yang menempel. Masukan baking soda ke dalam wadah berisi air, lalu panaskan dalam microwave selama 1 hingga 2 menit. Dengan cara ini, kerak yang terdapat di dalam microwave akan lebih mudah dibersihkan.
  
Membersihkan saluran air
Mungkin Anda sering jengkel kalau saluran pembuangan air di rumah mampet karena sampah atau kotoran yang melekat. Di sinilah salah satu kegunaan bahan dapur ini. Taburkan segelas baking soda dan satu botol besar air panas ke dalam saluran pembuangan. Selain ekonomis, cara ini bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi di dalam saluran.

Membersihkan toilet
Baking soda adalah produk alami yang dapat membersihkan kotoran. Selain berguna pada panci, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan toilet. Cukup taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet, lalu sikat secara merata. Dengan begitu, kamar mandi menjadi bersih dan Anda pun lebih hemat karena tidak perlu membeli pembersih toilet.

Dapat Memadamkan Api
Simpan baking soda di dalam botol atau wadah yang tertutup, lalu letakan di dapur. Cara ini berguna untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran ringan saat anda memasak, dengan cara menuangkannya ke sumber api. Walaupun membuat ruangan berantakan, tapi Anda akan selamat dari bencana.

Naah.. itulah manfaat dan khasiat baking soda, maka dari itu mulai dari sekarang jangan ragu lagi sediakanlah baking soda di rumah anda karena akan sangat bermanfaat untuk anda dan keluarga.. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih...

dari berbagai sumber.

3 comments :

  1. Postingan yang sangat menarik dan berguna buat banyak orang. Thanks sudah berbagi gan. Keep blogging!

    ReplyDelete