Khasiat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Siapa yang tak kenal madu hampir semua orang pasti mengenalnya, madu adalah cairan kental menyerupai sirup dengan rasanya yang manis seperti gula mengandung vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin C, juga kaya akan serat, gizi dan nutrisi, madu dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Madu sangat penting bagi kehidupan manusia memilki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan untuk kecantikan.


Kandungan nutrisi yang terdapat madu:
  •     Fruktosa: 38.2%
  •     Glukosa: 31.3%
  •     Maltosa: 7.1%
  •     Sukrosa: 1.3%
  •     Air: 17.2%
  •     Gula paling tinggi: 1.5%
  •     Abu (analisis kimia):0.2%
  •     Lain-lain: 3.2%

Berikut adalah khasiat madu untuk kesehatan ( mengobati penyakit ):

Menurunkan berat badan
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu melarutkan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Vitamin dan mineral dari madu mentah meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh dalam membakar lemak. Namun, madu saja tidak dapat membuat anda langsing secara cepat. Anda harus menggabungkannya dengan diet sehat dan olahraga jika menginginkan hasil yang baik.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat madu bagi kesehatan yang ketiga ini yang sudah banyak diaplikasikan oleh masyarakat di mana ketika mereka merasa mulai tidak enak badan, mereka memutuskan untuk mengkonsumsi madu. Memang benar langkah ini karena madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terkena berbagai penyakit.

Menambah dan Meningkatkan stamina
Madu dapat merangsang tubuh anda dalam meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan. Madu terdiri dari glukosa, karbohidrat dan fruktosa yang cepat diasimilasi oleh tubuh manusia sehingga menjadi lebih berenergi.

Pengganti gula bagi penderita diabetes
Seperti yang anda ketahui bahwa madu memiliki rasa yang sangat manis. Namun, bagi anda yang menderita diabetes, tak perlu khawatir karena anda dapat mengkonsumsi madu meskipun memiliki rasa yang manis karena rasa manis ini tidak menimbulkan kenaikan gula darah yang signifikan.

Membantu penyembuhan anemia / kurang darah
Madu mengisi ulang kandungan besi dalam darah. Hal ini sangat penting bagi orang yang tubuhnya telah kehilangan zat besi karena kondisi anemia / kurang darah.

Menyembuhkan luka
Madu mempunyai kemampuan dalam menyembuhkan luka termasuk luka bakar. Hidrogen peroksida yang merupakan salah satu kandungan madu yang melawan luka. Madu juga menyerap semua kotoran dan cairan dari luka yang selanjutnya menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit.

Mencegah pertumbuhan bakteri
Keasaman (PH) madu berkisar dari 3.2 sampai 4.5. Kondisi asam ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri.

Mencegah kanker dan penyakit jantung
Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Mengobati sakit tenggorokan dan batuk
Madu juga sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk, dan sesuai penelitian yang baru dilakukan, madu dapat meredakan batuk.

Baik untuk bayi
Madu bagus dikonsumsi oleh semua kalangan umur termasuk bayi. Madu membantu otak bayi untuk berkembang yang mana otak sendiri setiap hari berkembang. Madu memberikan nutrisi penting untuk tubuh seorang bayi dan juga membantu dalam pertumbuhan otak bayi yang akhirnya meningkatkan IQ dan EQ bayi.

Khasiat madu lainnya untuk kecantikan :

Sebagai masker madu kulit wajah
Pertama oleskan madu murni pada wajah anda biarkan selama 15 menit, setelah kering kemudian basuhlah wajah anda dengan air hangat. berguna agar kulit wajah bersih, mulus bebas noda

Sebagai pembersih wajah
Campurkan sesendok teh madu dengan satu sendok teh makan susu bubuk, oleskan ke wajah anda setelah kering basuh dengan air hangat. berguna untuk membersihkan sisa make-up dan menghilangkan flek hitam.

Sebagai scrub madu
Campur satu sendok teh madu denga sedikit tepung lalu gosokkan pada kulit kemudian bilas dengan air hangat, selain untuk tubuh bisa juga dipakai untuk scrub wajah berguna untuk menghaluskan kulit tubuh dan wajah.

Mandi Madu
Anda juga bisa menambahkan 1/2 sampai 1 cangkir madu kedalam bak mandi anda saat berendam selain bisa menambah aroma manis pada kulit juga berkhasiat melembabkan kulit dan menghaluskan kulit.

Kulit tubuh berkilau dengan madu
Jika anda ingin kulit tubuh sehalus sutera dan berkilau, lakukanlah perawatan tubuh dengan madu murni secara teratur dua atau tiga kali seminggu dengan cara mengoleskan madu ke tubuh sambil di tepuk-tepuk sampai mengering lalu bilas dengan air bersih, berguna untuk menghaluskan kulit membuat kulit lebih bersinar.

Untuk toner kulit wajah
Campur 1 buah kulit jeruk ditambah dengan 1 sendok makan madu murni lalu di blender hingga halus, gosokkan secara perlahan campuran madu ke wajah selama 15 menit dan biarkan mengering, kemudian basuh wajah anda dengan air hangat sampai bersih berguna untuk mengencangkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit.

Untuk conditioner rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan 1/2 sendok madu dan satu sendok makan minyak zaitun, kemudian oleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala lalu tutup dengan penutup rambut biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup, setelah 30 menit keramasi dengan shampo dan bilas rambut anda seperti biasa.

Untuk rambut sehat berkilau
Madu tidak hanya berguna untuk kecantikan wajah tapi juga berguna untuk kecantikan rambut, mau tau caranya? campurkan satu sendok makan madu dengan perasan satu jeruk nipis ditambah sedikit air hangat, pertama bilas rambut anda seperti biasa dengan shampo kemudian campuran madu tadi tuangkan ke rambut anda, lalu keringkan rambut dengan cara seperti biasa maka anda akan merasakan khasiatnya rambutpun jadi indah, sehat dan berkilau. 

Nah itulah beragam khasiat dari madu, selain bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit ternyata madu juga berkhasiat untuk kecantikan, mulai sekarang jangan ragu lagi sediakan madu murni dirumah anda untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, demikianlah tips dari saya semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.

No comments :

Post a Comment